Friday, February 14, 2014

Mulberry Cheese Pie

cheese pie

Awalnya ga ada niatan bikin camilan ini. Tapi pas ngeliat stok cream cheese masih banyak dan khawatir nasibnya berakhir sama dengan si krim kental, plain yogurt dan susu UHT cair, jadi lah ubek-ubek cari resep yang belum pernah dieksekusi. Lho emangnya si krim kental dan yang lainnya itu nasibnya kenapa? Ketiga barang itu mau ga mau berakhir di tempat pembuangan gara-gara kelamaan ada di kulkas padahal sudah dibuka dari kemasannya. Krim kental masih 100-an ml, plain yogurt sekitar 60ml dan susu UHT sekitar 75ml. Untuuuung sempet icipin si krim kentalnya, soalnya tadinya mau dipake juga di resep ini. Coba kalo langsung saya cemplungin, bisa terbuang percuma si cheese pie.

Untuk resep, saya lihat di blognya mba Hesti, tapi saya ubah sedikit takarannya menyesuaikan dengan bahan yang ada. Dan untuk topping, aslinya pake blueberry, tapi stok di kulkas hanya ada mulberry. Oya, untuk bahan alas/crust, saya tetap pakai resep crust yang tanpa telur, sudah ngerasa cocok dengan resep yang ini.

Mulberry Cheese Pie by Hesti
Modified by BunDaffa

Bahan Alas:
175 gram terigu

1/2 sdm gula halus
113 gram margarin/mentega
50 ml air dingin (saya ga pakai semua, ketika adonan dirasa sudah tidak terhambur lagi, saya hentikan penambahan air)

Bahan Isi:
240 gram cream cheese, diamkan dalam suhu ruang, lembutkan --> aslinya 300 gram, tapi stok saya cuma ada segini, hehe..
1/8 sendok teh garam
½ sendok makan kulit jeruk lemon --> skip karena si pohon lemon, buahnya masih mentah semua
110 gram gula pasir halus
75 gram telur --> kurleb 1 telur utuh + 1 kuning telur ukuran sedang
1 ½ sendok makan terigu
75 gram krim kental --> saya ganti susu cair karena si krim kental ternyata basi, hik hiks..
½ sendok makan air jeruk lemon --> skip

Topping (masak hingga kental):
1/2 botol kecil selai mulberry
3 sdm air

Cara Pengolahan:

Alas:
Campur terigu, gula halus dan margarin/mentega, tambahkan air dingin. simpan dalam kulkas selama kurleb 30 menit.
Giling tipis adonan. Cetak di loyang pie diameter 18cm.
Tusuk – tusuk dengan garpu. Lapisi atasnya dengan kertas roti lalu beri pemberat supaya adonan tidak menggembung ketika dioven (saya menggunakan beras)
Oven 15 menit dengan suhu 175 derajat Celsius. Dinginkan.

Isi: 
Kocok cream cheese, garam, kulit jeruk lemon, dan gula pasir halus asal rata. Masukkan telur. Kocok rata.
Tambahkan terigu, krim kental, dan air jeruk lemon. Kocok perlahan. Tuang di atas adonan alas.
Oven 40 menit sampai matang. Keluarkan dan dinginkan 15 menit di suhu ruang.

Topping: 
Tuang topping di atas pie, dinginkan dalam kulkas.

Rasanya? Ehm.. Enak kalo menurut saya. Dan bakal lebih enak lagi kalo dinikmatin dalam keadaan dingin trus makannya sedikit-sedikit, biar sensasi gurih keju dan asam manisnya mulberry benar-benar bisa dihayati *halah. Tapiiii sayangnya orang rumah kurang doyan euy. Mungkin karena masih asing ma rasa si cream cheese, jadinya kurang cocok di lidah mereka. Saya juga ga doyan-doyan amat sih, apalagi ngebayangin jumlah kalorinya, wiiiih ngeri-ngeri sedap, haha..

Naaah tadi sore kebetulan ada acara ketemuan dengan temen-temen. Saya bawalah beberapa potong cheese pie ini barengan dengan Pennylane Brownies Pie yang dibikin dadakan. Alhamdulillah laris maniiiiiis.. Malah dapet testi yang bikin seneeeeeeng, katanya: "Mulberry Cream Cheesenya enak mba, hampir mendekati cake shop", komen dari teman yang lain: "Iya tuh, pengen cream cheese lagi, gimana kalo kita ketemuan lagi?". Padahal mah seumur-umur saya ke cake shop paling banter beli black forest doang, hihi.. Makasih buat teh Dini dan teh Lia buat testi positifnya ^__^

mulberry cheese pie

No comments:

Post a Comment