Friday, February 28, 2014

Coffee Roll Bun

Hwaaaa.... Keasikan dengan mainan baru (baca: instagram) jadi lupaaa ngisi blog. Padahal mah uplek-uplek bakingnya tetep jalan. Jadi makin numpuuuuuuk PR-nya, yang abis pindahan blog aja masih belum selesai, dah nambah lagi beberapa PR baru, hiks hiks.. Well, daripada lama-lama meratapi  nasib *sok lebay* mending langsung dimulai aja setoran PRnya ya.

Kali ini temanya masih seputar roti. Hais, roti mulu ya? Mudah-mudahan penyimak blog ini *sok geer* ga bosen bacanya ya? Secara camilan roti ini simpel bikinnya, dan hampir semua orang rumah suka. Jadi ga sia-sia kalo bikin rada banyak. Teruuus yang bikin rada galau adalaaah bikin roti yang kayak gimana nih? Roti unyil? Dah sering. Roti sobek? Apalagi. Trus apa dong ya? Ahaaa.. Triiing.. Ga sengaja muncullah sebuah foto roti dalam bentuk baru di wall FB saya. Jadi tertarik juga pengen nyobain. Langsung deh ubek-ubek perpusnya om google, cari resep dan cara bikinnya. Ow ow ow.. Ternyata resepnya agak beda dari resep roti yang biasa saya bikin. Hmm.. bikin ga ya? Aih, males ah, haha.. Saya tetep pake resep andalan aja, resep Soft Breadnya bu Fatmah NCC yang dah pasti enyak hasilnya. Tinggal nanti belajar cara ngebentuk rotinya ajah. Lho emang mau bikin roti apaan sih? Ini diaaaa.. ROLL BUN.

roll bun

Harusnya sih di resep aslinya namanya Cinnabon alias Cinnamon Roll Bun. Tapi berhubung orang rumah ga pada suka sama aroma cinnamon aka kayu manis, jadi saya kudu muter otak apa pengganti si kayu manis yang disukain orang rumah. Setelah dipikir-pikir, dapet lah jawabannya, yaitu KOPI. Alhamdulillah punya pasta coffee boy yang wanginya hmmm.. menggugah selera banget.

Resep roti bisa dilihat disini. Untuk taburan/filling roll bunnya, yang saya pakai:
* mentega
* gula palem
* kismis
* pasta coffee boy
* vanili bubuk
Takarannya dikira-kira aja ya, soalnya punten, tadi saya ga pake ukur-ukur, hihi..

Cara membuat:
1. Setelah adonan selesai proofing pertama, tempatkan adonan di tempat datar, jangan lupa taburi terigu dulu biar ga lengket ya.
2. Gilas adonan sampai tipis membentuk persegi panjang.
3. Oleskan mentega dan pasta coffee boy. Lalu beri taburan gula palem, vanili bubuk dan kismis. Ratakan ke seluruh permukaan adonan, tapi sisakan sedikit di bagian ujung biar nanti adonannya mudah menempel saat digulung.
4. Gulung adonan mulai dari sisi terpanjang (bukan sisi lebar ya) seperti menggulung bolu gulung, sambil dipadatkan.
5. Potong-potong setebal kira-kira 2cm. Bisa dengan menggunakan pisau tajam atau menggunakan benang yang disimpul mati (jadi letakkan adonan melintang di atas benang, lalu tarik kedua ujung benang ke atas, simpulkan seperti ikat mati, nanti adonan akan terpotong otomatis dan hasilnya rapiiii jali).
6. Taruh masing-masing potongan adonan di atas cupcase yang sudah dioles mentega tipis-tipis atau bisa juga diatur langsung di atas loyang.
7. Diamkan sampai mengembang lagi, kurleb 30 menit. Oles atasnya dengan campuran 1 kuning telur + 1 sdm susu cair. Panggang di suhu 200 dercel selama 12-15 menit.
8. Keluarkan dari oven. Panas-panas olesi atasnya dengan mentega.

coffee roll bun

Oya, ada beberapa sumber yang menyebutkan kalo roll bun ini biasanya disajikan dengan hiasan icing di atasnya. Tapi berhubung saya ga mau terlalu manis, jadi saya ga pake hiasan apa-apa. Itu juga dah manis kok, soalnya gula palemnya saya kasih agak banyak, hihi..

Hasilnya? Hmm.. Legitnya gula palem berpadu dengan lembutnya roti ditambah sensasi kismis dan aroma kopi, bikin roti ini perfectooo banget *lebay lagi, hihi..* buat temen ngemil di pagi atau sore hari, nom nom nom.. Sayang taburan kismisnya kurang banyak, soalnya stok kismisnya dah sisa-sisa. Oya, manisnya menurut saya pas, ga kebayang deh kalo tadi ditambahin hiasan icing lagi, pasti jadinya maniiss banget nih roti.

roti gulung, resep roll bun

2 comments:

  1. Assalamualaikum mbak Nia yaaaa? Wah kita di rumah yg sama ternyata. Btw nice pic.ditambahin frosting krimcis enak juga loh mak. Lamanya gak bikin roti,udh kebayang capek duluan nguleninnya.hehe^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeh ada komen disini. maaap baru dijawab *ketauan baru buka blog lagi :D
      wa'alaikumussalam. iya, sejak dulu bikin blog selalu disini. mau ganti yg lain kok ya males belajar lagi, hihi..
      frosting krimcis ya? kedengerannya enak. tp sayang yg doyan krimcis disini cuma aku doang. nanti bisa2 ga kesentuh rotinya ma yg lain daaan bikin si jarum timbanganku makin bergeser ke kanan, haha..

      Delete