Monday, February 3, 2014

Makaroni Skotel

Masih punya stok daging sapi di freezer hasil pembagian hewan Qurban pas Idul Adha kemarenan, bingung mau diapain. Mikir-mikir, ubek-ubek grup, browsing dan liat-liat file resep di laptop, akhirnya diputusin lah mau bikin makaroni skotel. Tapiiiii... mau pake resep yang mana ya? Secara bejibuuun resep-resep bertebaran di dunia maya. Sedangkan resep yang disimpen di laptop cuma resepnya bu Fatmah NCC, yang setelah dilihat-lihat bahannya, ada buanyaak yang ga dipunya. Mau ngabur ke supermarket juga males, secara ga bisa ditempuh dengan jalan kaki *gempor kaleee...

Dan setelah membandingkan beberapa resep, berlabuhlah saya pada resepnya mba Ferona . Bahan-bahannya hampir semuanya ada, paling kudu beli makaroninya aja, dan itu bisa didapet di minimarket deket sini. 

Makaroni Skotel by cakefever.com
Ingredients:
250 gr macaroni elbow rebus 3/4 matang (masukkan 1 sdm minyak goreng supaya tidak lengket, tapi tidak dipakai juga tidak apa-apa)
200 gram cheddar cheese, potong dadu (diparut juga boleh, tapi lebih berasa kalo dipotong dadu)
1 kaleng kornet ukuran 198 gram (mau pakai daging sapi giling juga maknyus)
100 gram daging sapi giling (boleh ganti smoked beef atau apa saja sesuai selera)
Tumis sampai wangi:
1 buah bawang bombay potong kecil-kecil
2 siung bawang putih cincang
Margarin secukupnya untuk menumis

Bumbu:
2 sdt kaldu bubuk rasa sapi (atau sesuai selera)
Gula pasir secukupnya
Bubuk Merica dan Pala (ukurannya sesuai selera, harus dicicipi loh ya)

Macaroni Schotel
Aduk rata:
600 cc susu cair full cream – supaya lebih gurih, bisa ganti fresh cream
5 butir telur kocok lepas
Topping:
1 sdm margarin
2 sdm tepung terigu
250 cc susu cair garam, merica secukupnya
100 gram keju parut (cheddar cheese atau keju lainnya sesuai selera)

How-To:
Panaskan kukusan beserta airnya, lapisi tutupnya dengan serbet untuk mencegah air menetes ke dalam kukusan.
Tumis bawang sampai wangi, masukkan daging giling dan kornet. Lalu masukkan bumbu, jangan lupa cicipi sesuaikan dengan selera.
Macaroni yang sudah direbus sampai 3/4 matang (jangan kelamaan supaya tidak lembek), angkat lalu tiriskan. Masukkan Macaroni ke campuran susu dan telur, aduk rata. Lalu masukkan tumisan daging, aduk rata. Masukkan keju, aduk rata. Tuang ke wadah aluminium foil atau wadah apapun yang tahan panas. Masukkan ke dalam kukusan lalu kukus selama 15 menit (perhatikan waktu kukus, wadah yang lebih besar butuh waktu kukus lebih lama supaya matang).

Sementara mengukus, siapkan topping: Lelehkan margarine, masukkan terigu, aduk cepat sampai rata. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat agar tidak menggumpal. Tambahkan garam dan merica.

Keluarkan Macaroni schotel dari kukusan, tuangkan topping lalu taburi keju. Panggang sampai atasnya kecoklatan.


Seperti biasa, tiap kali mencoba resep baru, saya jaraaaang banget bikin full 1 resep, kadang setengahnya, sepertiganya atau seperempatnya, tergantung komposisi bahannya. Ini demi meminimalisir kegagalan, hehe.. Jadi kalo misal gagal, rasanya kurang enak, adonannya ga ngembang alias bantat, ga kuciwa-kuciwa amat.

Nah di resep ini, saya ga pake kornet (suami ga suka, katanya aneh rasanya), jadi full pake daging sapi yang diblender halus (males nyincangnya), ga pake bawang bombay (lagi ga ada) dan topping make produk keju yang cepat meleleh (secara mozarella mihil, hehe..). Truuus saya ga pake kukus-mengukus, jadi langsung dipanggang dari awal, dan naruh loyang berisi air di rak bawah, seperti idenya owner cakefever yang katanya berfungsi untuk mencegah kerah di bagian bawah adonan makaroni.

Hasilnya? Nyummmyyyy.. Gurihnya keju berasa banget. Apalagi kalo dimakannya pas anget-anget setelah keluar dari panggangan trus dicocol saus sambal, tambah nendaaang.. Cuma sayang, adonan yang di pinggan tahan panas, bagian tengahnya masih agak lembek (ga seperti adonan yang saya panggang di cup aluminium foil, padat dan keringnya pas). Kemungkinan karena waktu pemanggangannya yang kurang lama, secara volume wadahnya lebih besar. Next time, harus bener-bener merhatiin hal ini nih.

makaroni skotel

*garnishnya maksaaaa banget, ga ada peterseli, leunca pun jadi, haha..*

No comments:

Post a Comment