Monday, February 3, 2014

Mini Brownies Pie

Niat hati pengen nyobain resep pumpkin pie. Meluncur lah ke supermarket terdekat buat hunting bahan-bahannya, sekaligus nyetok bahan kue lainnya. Karena buru-buru (berangkat dari rumah jam 9 malem, tuh SPM tutupnya kalo ga salah jam 10, jadi agak grusa-grusu pas ambil barang yang dibutuhin) jadi lah bahan utamanya justru kelupaan *tepok jidat. Sempat kepikiran, kalo diganti ke ubi jalar atau kentang kira-kira gimana ya rasanya? Ah tapi ngeri ah coba-coba gitu. Browsing resep, nemunya pie kentang yang isiannya daging, walah ya ndak cocok, wong saya pengennya pie manis.

Akhirnya niatan awal pun kudu dirubah. Banting setir ke jenis pie lain. Kebetulan banget pas lagi browsing resep pie ubi dan pie kentang malah ketemu sama resep brownies pie. Diliat-liat kayaknya enak dan kayaknya lagi, semua bahannya ada. Ah ya sud lah, ini aja yang dieksekusi. Daan pagi tadi nguplek lah saya di dapur. Ambil bahan-bahan di kulkas dan di penyimpanan bahan kering, eh eh DCC-nya mana nih? Perasaan masih punya setengah pack yang merk col*tt* deh, kok adanya cuma sedikit gitu? Hwaaa.. Kumaha inih? Setelah ditimbang, cuma ada sekitar 75-an gram, padahal di resep tertulis 370gr, jauh bangeeeet selisihnya. Mau banting setir lagi ke jenis pie lain kok ya males? Halah, udah deh nekat ajah, bikin sepertiga resep, meski DCC-nya kurang, tapi gapapa kali lah, toh kurangnya dikit ini. Mana ga punya coklat bubuk pula, haha.. kacaaau ini mah.

Nemu resep brownies pie pertama kali di blognya mba Rachmah tapi yang akhirnya saya bikin, lihat di blognya mba Nina soalnya penasaran sama resep crust-nya *ehm.. alasan jujurnya sih karena resep crustnya ga pake telur, maklum lagi irit telur, hehe.. Untuk crust, saya bikin 1/2 resep, sedangkan browniesnya hanya 1/3 resep. Untuk resep aslinya silahkan lihat di blog mba Rachmah atau mba Nina ya. Yang saya tulis di bawah adalah versi ekonomis ala saya *padahal mah karena ketiadaan bahan, hihi..

brownies pie

Brownies Pie
by Nina

Crust
Bahan :

175 gr terigu protein sedang
1/2 tbs (7 gr) gula halus
113 gr salted margarin
60 ml air dingin

Cara Membuat :
Campur margarin, terigu dan gula halus, aduk menggunakan garpu sampai berbulir
Tambahkan air sedikit demi sedikit, hingga adonan tidak lagi menempel di wadah
Masukkan di wadah dengan penutup kedap udara, taruh di kulkas selama 30 menit
Keluarkan adonan dari kulkas, ambil secukupnya, pulung adonan lalu cetak di cetakan mini pie
Tusuk dasar pie dengan garpu plastik agar tidak melembung ketika dipanggang

BROWNIES
Bahan :
73 gr salted butter
75 gr dark cooking coklat, cincang
2 butir telur
110 gr gula halus
73 gr terigu protein sedang
23 gr
susu bubuk
keju parut untuk taburan

Cara Membuat :
Lelehkan mentega dan DCC dengan cara ditim, dinginkan.
Kocok telur dan gula halus dengan wishker
Masukkan campuran mentega dan DCC, aduk rata
Masukkan terigu dan susu bubuk, lalu aduk rata

Penyelesaian :
Tuang adonan brownies ke adonan pie sampai kira-kira 3/4 penuh. Taburi dengan keju parut.
Oven hingga matang.



Note: putih-putih di atas adonan brownies itu keju parut ya. Niatnya sih biar ada nuansa kuning kecoklatan gitu, tapi ternyata saat masuk panggangan, si keju parut tenggelam masuk ke adonan, cuma tersisa sedikiiiit aja yang terlihat. Next time kayaknya mau nyoba masukkin keju parut pas adonannya dah setengah mateng. Tapi kata temen, khawatir nanti berpengaruh ke penampakan browniesnya. Iya kah? Ah dicoba dulu aja kali ya, ga akan pernah tau hasilnya kalo ga dicoba, iya kan? Hehe..

No comments:

Post a Comment