Friday, February 7, 2014

Tips Baking Untuk Pemula

Jika anda adalah pemula dalam hal baking seperti saya, maka tips di bawah ini patut anda simak sebelum memulai kegiatan baking apapun:
1. Pastikan anda sudah menyiapkan resep yang akan anda praktekkan. Tidak harus dengan membawa buku resepnya ke dapur, tetapi bisa juga dengan cara mencatat manual atau difoto. Jika resep tersebut anda ambil dari dunia maya (blog, web, milis, grup FB, dll) anda bisa membuat screenshoot-nya, mencetaknya atau cukup dengan membawa HP anda ke dapur (cara terakhir adalah cara andalan saya selama ini).

2. Cari info sebanyak-sebanyaknya seputar resep terkait. Do dan dont-nya apa saja, triknya seperti apa, penampilan akhir yang bisa dibilang sukses itu bagaimana, rasanya seperti apa (ehm.. kalau yang ini tampaknya hanya bisa anda ketahui jika anda ikut program kursus atau latihan bareng dengan teman), dll. Kalau perlu, cari video proses pembuatannya agar anda bisa langsung menirunya utk memperkecil risiko gagal.

3. Jika resep itu baru pertama kali anda buat, sebisa mungkin sediakan semua bahan yang diperlukan. Kecuali jika anda sudah berpengalaman, sah-sah saja jika beberapa bahan andaskip atau anda substitusi ke bahan lain.

4. Untuk resep masakan, jangan lupa cicipi lebih dulu sebelum dihidangkan. Kecuali untuk cake atau cookies, proses icip tidak mungkin dilakukan, jadi ikuti saja persis seperti yang tertulis di resep.

5. Mulai lah dengan resep yang anda anggap tingkat kesulitannya rendah dan bahan-bahannya mudah didapat di sekitar anda. Karena sering kali gagal ketika pertama mencoba membuat kita (terutama saya, haha..) patah arang dan enggan untuk mempraktekkannya lagi di lain kesempatan.

6. Bergabung dengan komunitas memasak/baking dimana karakteristik membernya beragam. Ini penting untuk menjaga mood baking anda tetap stabil. Jika anda bergabung dengan komunitas yg membernya sudah ahli/prof, bisa jadi nyali anda menjadi ciut dan minder untuk bertanya hal-hal yang terlihat sepele.

7. Dokumentasikan hasil karya anda. Cara ini sekaligus untnk mendokumentasikan resep yang pernah anda buat. Jadi sewaktu-waktu anda membutuhkannya lagi, anda memiliki arsip yang lengkap. Lebih baik lagi jika dokumentasi ini anda wujudkan dalam sebuah blog. Siapa tau tulisan-tulisan anda menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Well, selamat mencoba dan happy baking ^__^

No comments:

Post a Comment