Friday, February 7, 2014

Roti Maryam Isi

Postingan pertama di 2014, setelah hampir 2 pekan lamanya vacuum dari urusan penulisan blog. Biasa, rasa malas nulis menyerang. Kalo baking mah masih tetap jalan, masih sempet bikin chicken nugget, american risoles, nastar klasik, cheese muffin & banana cake. Tapi ga ada satu pun yang dijeprat-jepret, bener-bener ga mood pegang camdig. Ditambah lagi cuaca di luar yang hampir setiap hari mendung atau bahkan hujan, jadi lah tambah kondusif malesnya.

Hari ini memantapkan hati *cieeee... sok puitis kata-katanya* ngisi blog lagi setelah menyelesaikan 2 resep sekaligus: roti maryam coklat & lidah kucing keju wannabe (nah lhoo apa pula maksudnya nih? ntar deh diceritain, hihi..). 2 resep ini yang juga udah bikin saya mengurungkan niat untuk melangkahkan kaki ke toko offline soalnyaaaa selesainya siaaaang banget, belum makan, belum siap-siap, belum beres-beres, dll. Akhirnya sekalian aja lah ga usah ke toko, toh di luar juga mendadak turun hujan *cari-cari pembenaran.

roti maryam coklat

Pertama kali liat resep ini beredar di grup Dapur Aisyah, terus terang ga minat samsek. Masalahnya, pernah ngerasain rotmar original kok rasanya kurang pas di lidah jawa saya ya? Cuma enak dimakan selagi hangat, kalo dah dingin, jadinya rada keras gitu. Tapi pas ngobrol-ngobrol ma suami, trus iseng tanya gimana pendapatnya soal rotmar, ternyata dia fine-fine aja ma rasanya, selagi dihidangkannya masih hangat tentunya, apalagi kalo ditambah topping gula halus, tambah enak katanya. Nah langsung deh saya berburu resep ini lagi, ubek-ubek isi grup dan taraaaaa... Alhamdulillah ketemu juga. Sengaja pilih yang varian isi biar lebih familiar di lidah jawa kami, hihi..

Roti Maryam isi Coklat
by Farida Yamani

Bahan :
• 500 gr terigu protein tinggi
• 200 ml susu cair
• 1 sdt garam
• 100 gr margarin
• 2 btr kuning telur
• 100 gr margarin untuk olesan

Cara membuat:
•Campur terigu,garam , aduk rata .masukkan telur, tambah margarin ,aduk hingga berbutir
•Masukkan susu cair sedikit demi sedikit aduk sampai kalis

Timbang 50 gram, bulatkan, oles bulatannya dgn sedikit margarin. supaya tidak lengket klo ditumpuk , simpan di baskom diamkan 60 menit .

•Ambil satu bulatan, giling, tipiskan memanjang oles rata dengan margarin .
•Isi dengan coklat (colatta parut ditambah gula halus ) kira2 dua sdt, ratakan sepanjang adonan.
•Tutup dan gulung rapat memanjang lanjutkan dg bentuk membulat seperti obat nyamuk .
•Panggang diatas pan teflon dg sedikit olesan margarin..hingga matang.

Untuk 15 potong.
Untuk disimpan di frezeer , panggang setengah matang , simpan dalam tempat kedap udara , bungkus dg plastik satu-satu supaya tidak lengket.

Kalo masih bingung dengan proses menggulung lalu membulatkan adonan seperti obat nyamuk, bisa searching videonya di youtube ya, keywordnya "cara mudah membuat roti maryam". Nah untuk isian, silahkan berkreasi sesuka anda. Kalo saya, untuk rotmar coklat, saya pakai meses. Tadi ada juga sebagian yang saya isi dengan keju parut dan selai nanas. Untuk memanggang rotmar, butuh sedikit kesabaran, soalnya harus dengan api kueciiiiiil sangat, dan sering dibolak-balik biar matangnya merata dan ga gosong. Panggang sampai matang hanya jika rotmar ini akan segera dimakan, jika tidak sebaiknya panggang setengah matang aja. Oya, saya tadi hanya buat setengah resep dan jadinya sekitar 9 potong. Soal rasa? Enak ternyata, hihi.. Gurihnya pas, manis coklatnya juga berasa. Cocok untuk jadi teman nge-teh pagi atau sore hari. Tertarik mau mencoba? ^__^

  roti maryam

No comments:

Post a Comment