Friday, February 7, 2014

Mulberry Choco Pie

choco pie

Rasa malas melanda. Hampir seminggu ga ada kegiatan baking, apa gara-gara kenabaking blue? *alasan, haha.. Tapi suwer, beberapa hari lalu saya sempet ngalamin maleeees pegang-pegang adonan, males megang otang dan segala pernak-pernik perlengkapan baking. Penyebab utamanya karena kejadian fancy roll cake yang tiba-tiba susah banget diajak kerja sama. Setelah sukses bikin FRC keroppi, niat hati mau lanjut bikin karakter kartun lainnya. Lha kok mendadak gagal mulu? Diitung-itung sampe kali ke-3 nyoba, masiiiiih aja gagal. Mulai dari adonannya yang bergerindil (salah timing masukkin si minyak goreng), pemanggangan adonan warna yang terlalu cepat (kurang set, jadi pas ditimpa adonan dasar, warnanya langsung acakadul) dan pewarnaan outline yang terlalu tipis. Adonan ke-4 Alhamdulillah jauh lebih baik, tapi tetap ga secantik si keroppi, jadi ga terlalu semangat buat foto-foto. Jadi lah setelah itu saya istirahat dulu baking-baking, daripada gagal lagi gara-gara moodnya lagi turun.

Si mood kembali dateng pas ngeliat foto-foto makanan berseliweran di wall FB. Dan saat menyambangi grup masak-memasak, disuguhi banyaaaak foto-foto makanan yang cakep-cakep. Pertahanan pun goyah, ngiler pengen bikin juga. Simpen resepnya, sambil nunggu bahannya lengkap, eksekusi deh. Tapi rada tertunda soalnya si juragan cilik mendadak demam dan maunya ditemenin terus all day long, emaknya ga bisa ngapa-ngapain jadinya. Alhamdulillah semalem dah mendingan, manjanya juga dah berkurang, jadi emaknya bertekad pagi ini harus ada resep yang dieksekusi. Daaan pilihan saya jatuh ke resep ini.

Blueberry Choco Pie
by Agatha M. Kuntari

Bahan Alas:
75 gr margarin
50 gr gula tepung
20 gr cokelat bubuk
1/4 sdt baking powder
1 kuning telur
125 gr terigu protein sedang

Bahan Isi:
50 gr mentega tawar
40 gr gula tepung
1 btr telur
40 gr terigu protein sedang
10 gr tepung maizena
1/4 sdt air jeruk lemon
1 sdm susu cair
50 gr selai blueberry, masukkan dalam plastik segitiga

Cara Membuat:
1. Alas, aduk bahan alas sampai bergumpal. Dinginkan 15 menit.
2. Bentuk di cetakan pai kecil yg dioles margarin. Tusuk-tusuk. Oven 10 menit dengan suhu 170 derajat celcius.
3. Isi, kocok mentega tawar dan gula tepung sampai lembut. Tambahkan telur. Kocok rata.
4. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena sambil diayak dan dikocok rata. Tambahkan air jeruk lemon dan susu cair. Kocok rata.
5. Tuang sedikit adonan dalam pai. Semprot dengan selai blueberry. Tutup dengan sisa adonan.
6. Oven lagi 20 menit dengan suhu 170 derajat celcius sampai matang.
7. Hias atasnya dengan selai blueberry, setelah pai nya dingin.


Berhubung saya hanya punya selai mulberry, jadi judulnya ikut diganti dikit. Dan karena stok yang ada cuma butter salted, jadi lah saya pake itu, malah enak sih, ada asin gurihnya selain rasa manis yang mendominasi. Oya, untuk adonan isi, tadi saya bikin 2x lipat. Soalnya ga cukup euy, masih ada beberapa crust yang ga dapet isian. Apa ini karena saya nyetak crust-nya ketipisan ya? Soalnya ga suka sih crust yang tebel-tebel gitu, kesannya kurang renyah.

Review *cieee nggaya euy* pribadi: hasilnya enyaaak, ada wangi butter dan lemonnya. Apalagi pas ngegigit isian mulberry-nya ehm.. yummy... Cumaaa crust-nya renyaaah banget, mrupul malah. Jadi agak susah dilepasin dari cetakan. Kudu ati-atiiii banget megangnya, soalnya kena tekanan dikit aja, langsung hancur jadi remah-remah *ssst.. ada 3 pcs pie yang ga berhasil saya keluarin dari loyang, soalnya ternyata tekstur crust-nya masih agak basah, dipaksa pun yang keluar malah bagian isinya, haha..


No comments:

Post a Comment