Friday, February 7, 2014

Fancy Roll Cake versi Oven

fancy roll cake

Udah sejak lama nyimpen video tutorial pembuatan roll cake, tapi cuma disimpan rapih di memori HP aja. Dah kepikiran sih untuk nyoba kapan-kapan, tapi kapannya itu yang ga jelas, haha.. Sampai akhirnya, pas lagi jalan-jalan ke grup BKR alias Bakul Kue Rumahan, eh tema PR bulan ini ternyata fancy roll cake, pas deh buat ajang belajar (karena biasanya selalu ada tips dan trik yang diajarkan disana seputar tema PR bulan berjalan). Dah gitu, pas lihat isi wall grup, ada banyak foto roll cake berseliweran, cantik-cantik pula, dimana partisipannya juga banyak yang masih pemula seperti saya, ah jadi makin kepengeeeen..

Hunting perlengkapan perang pun dimulai. Piping bag, loyang kotak ukuran 22 dan 24, whisker (sebenernya dah punya, tapi berkarat, hiks.. jadi hunting yang nylon aja deh), pewarna makanan yang berlabel halal MUI, kertas roti dan kuas silikon. Setelah semua lengkap, bahan-bahan juga ada, saatnya berburu resep. Di grup, hostnya sih dah nyediain resep juga, tapi saya pengen cari yang lebih simpel, hihi.. Ketemu lah resep salah satu member grup juga, yang dikenal sebagai ratu fancy roll cake yaitu mba Wiek Jacob dengan resep versi panggang. Konon kabarnya, resep ini hasil akhirnya lembut, lembab dan legit. Oke lah, mari kita coba.

Fancy Roll Cake ala Wiek Jacob
Bahan A :
4 kuning telur
120 gr terigu
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder
100 ml minyak sayur
150 ml susu UHT
** saya tambahkan vanili bubuk biar aroma telurnya ga terlalu kuat

semua bahan dicampur jadi satu wadah (baskom), aduk pake whisker/spatula sampai tercampur rata. sisihkan.

Bahan B :
4 putih telur
100 gr gula pasir

dikocok sampai kembang dan kaku, sisihkan.

Bahan A yang sudah tercampur rata, tuang sedikit demi sedikit sambil di aduk pakai spatula ke bahan B (putih telur yang sudah kembang dan kaku), aduk perlahan sampai tercampur rata. Ambil beberapa bagian yg akan di beri warna (sesuai motif yg akan kita bikin) masukkan ke dalam plastik segitiga, gunting kecil ujungnya.

Panaskan oven di suhu 150 dercel (atau sesuaikan dgn oven masing2)

2 buah loyang ukuran 22 x 22, olesi dengan mentega, beri alas kertas roti yg sudah di gambar pola, kemudian olesin lagi tipis2 saja mentega diatas kertas rotinya. Mulailah menggambar dari detil motif yang kecil, lalu lanjutkan ke motif yang lainnya, masukkan oven selama 1 menit, keluarkan, lalu timpa perlahan2 dengan adonan dasar, panggang kembali sampai matang. (lebih kurang 12-15 menit). Angkat, lalu keluarkan dari loyang dalam keadaan terbalik, buka kertas nya perlahan2, lalu balikkan kembali cake hingga posisi motif berada di bagian bawah cake. biarkan agak dingin, lalu olesi dgn filling sesuai selera, gulung, padatkan, dan siap di sajikan :)



Yang paling tricky dari proses pembuatan cake satu ini adalah saat memberi adonan warna di kertas pola. Apalagi buat orang yang punya kelemahan dalam hal gambar kayak saya, tangan kakuuuuu.. Padahal cuma tinggal ngikutin garis pola aja, masih kesusahan, apalagi kalo disuruh gambar langsung ya? Haha.. Dan hasilnya ketika sudah matang, adonan warnanya jadi kurang terlihat, tipiiiiis banget. Padahal sudah diwanti-wanti oleh pemilik resepnya supaya jangan terlalu tipis, biar ga banyak yang terkelupas saat kertas rotinya dibuka. Tapi namanya juga amatiran, baru pertama pegang piping bag dan pertama kali ngegambar di adonan, ya begitu lah hasilnya, jauuuuh dari memuaskan. Dan tantangan besar lainnya adalah saat menggulung cake, kalau ga hati-hatiii banget bisa-bisa cake patah dan gagal total.

Karena masih penasaran, pagi tadi saya bertarung lagi dengan resep dan metode yang sama *awalnya mau ganti ke resep lain yang memasaknya dengan cara kukus, tapi balik lagi malesnya dateng, jadi ya udah lah pake resep yang kemarenan aja, hihi.. Kali ini saya pake motif yang berbeda. Kalau kemarin saya pake motif thomas (berhubung daffa itu kereta mania, termasuk thomas), sekarang saya pake motif keroppi dan sengaja pilih yang garis gambarnya besar-besar biar mudah diwarnai. Alhamdulillah hasilnya lebiiiih cakep dari yang kemarin *gpp ya muji diri sendiri? hehe.. Meski agak sedikit deg-degan saat ngegulung adonannya, soalnya ngerasa kok kayaknya lebih tebal ketimbang adonan kemarin, tapi bisa tergulung juga akhirnya. Dan taraaaa.. fancy roll cake keroppinya jadiiii.. Belum cantik-cantik amat sih, tapi saya dah cukup puas liat hasilnya. Rasanya juga enaaaak, lembuuut dan kali ini aroma khas telurnya dah tersamarkan ma aroma vanili dan pasta pandan yang saya pakai sebagai pewarna adonan hijaunya ^__^

fancy roll cake oven

note: kalau mau lebih jelas lagi soal step by step-nya, saran saya lihat video tutorial fancy roll cake dulu, search aja di youtube, saya juga dapet dari sana. jadi sudah punya bayangan sebelum bikin cake-nya.


No comments:

Post a Comment