Friday, February 7, 2014

Healthy Banana Brownies (Gluten Free & No Food Additives)

healthy brownies, banana brownies

Semenjak rajin baking, jadi seriiing banget makan yang namanya cake atau cookies berbahan dasar terigu. Belum lagi ditambah bahan tambahan makanan semisal emulsifier, pewarna, baking powder, baking soda, dll. Meski kadang di 1-2 resep saya iseng mengganti penggunaan bahan tepung terigu dengan terigu non gluten yang diracik sendiri, tapi tetap bahan tambahan makanan ga ketinggalan. Makanya jadi penasaran untuk eksekusi resep yang satu ini, karena selain gluten free, juga bebas food additives.

Resep ini saya dapet di grup FB, kata yang memposting, dia juga dapet resepnya dari blog orang lain, tapi sayang ga disertakan link blognya, jadi saya ga bisa intip langsung ke sumbernya. Jadi mohon maaf buat pemilik asli resep ya, karena yang saya tulis disini yang sudah dikutip di grup Bakul Kue Rumahan dan sedikit saya modif sesuai ketersediaan bahan dan selera saya, hehe..

Berhubung resep ini tidak menggunakan pengembang dan pelembut, hasilnya memang agak padat. Tapi karena ini jenis brownies, jadi ga masalah lah ya, kan memang sejarahnya brownies itu dari cake bantat, hehe.. Rasanya ga terlalu manis, mengingat penggunaan gula pasirnya saya kurangi sekitar 35%, apalagi kalau dimakan polosan tanpa filling WCC. Jadi cocok untuk teman minum teh hangat, secara sajian teh hangat di rumah saya selalu dibuat manis. Yang lebih penting, tetap bisa dinikmati rasanya dan lebih sehat tentunya ^__^

Brownies Pisang Coklat BKR
modified by BunDaffa


Bahan :
2 btr telur
100 ml minyak sayur
120 gr dark cooking chocolate (DCC) , potong kecil-kecil
50 gr gula pasir
80 gr tepung beras
20 gr tepung maizena
200 gr pisang ambon, lumatkan
12 gr coklat bubuk
13 gr susu bubuk

Hiasan :
White cooking chocolate, potong kecil-kecil, tim sampai leleh, masukkan piping bag

Cara membuat :
1. Panaskan oven 180 dercel
2. Tim DCC & minyak goreng sampai DCC larut
3. Campur tepung beras, maizena, coklat bubuk dan susu bubuk, ayak, sisihkan.
4. Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga kental dan mengembang. Masukkan campuran tepung, coklat bubuk dan susu bubuk. Aduk hingga rata.
5. Masukkan pisang, aduk kembali hingga rata.
6. Selanjutnya masukkan masukkan campuran DCC dan minyak sayur. Aduk kembali hingga rata.
7. Tuang di loyang brownies yang sudah dioles minyak dan dialas kertas roti.
8. Oven hingga matang dengan suhu 180 derajat selama 25-30 menit atau hingga matang.
9. Hias dengan WCC

No comments:

Post a Comment