Thursday, February 20, 2014

Kreasi Roti Unyil untuk BMS#9 BKR

roti unyil

Dalam rangka ikut meramaikan event BMS#9 (Belajar Membuat Sendiri) di grup BKR yang bulan ini temanya adalah roti unyil jadi lah saya searching-searching aneka bentuk roti unyil baik di youtube maupun di blog & web orang lain. Biar makin variatif maksudnya, soalnya kalo bentuknya masih sama dengan yang sebelum-sebelumnya, nanti jadi kurang maksimalnya *nggaya, hehe.. Untuk resep rotinya sendiri, saya masih setia dengan resep Soft Breadnya bu Fatmah NCC

Bahan :
500gr tepung terigu protein tinggi
100gr gula
100gr mentega/margarin
11gr ragi instant
4 btr kuning telur
200ml air es
½ sdt garam

Cara membuat:

Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
Masukkan mentega/margarin dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Diamkan selama 1 jam atau sampai adonan mengembang 2x lipat.
Kempiskan adonan, timbang 10 gram.
Beri isian dan bentuk sesuai selera. Diamkan lagi sekitar 30 menit.
Olesi atasnya dgn campuran kuning telur + susu cair.
Panggang dalam oven dgn suhu 200 dercel selama sekitar 12-15 menit
Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang.
Keluarkan dari oven, dan oles bagian atasnya dgn mentega/margarin

Kalau duluuuu saya membuat roti unyil dengan berat masing-masing roti sekitar 30 gram biar cepat selesai *ngaku, hihi.. maka sekarang persyaratannya, berat tiap roti maksimal 10 gram saja. What? 10 graaam? Yak, benaaaar. Dan ternyata setelah saya timbang-timbang, ya ampuuuuun kecil bangeeeeet. Kapan selesainya inih? Untungnya saya cuma bikin sedikiiiiiiit ajah, dari setengah resep masih saya bagi 2, setengahnya untuk dibikin roti sobek, setengahnya lagi baru dibikin roti unyil. Yang setengahnya ini pun masih saya "korupsi" untuk dibikin roti bentuk beruang, hihi..

Yang paling seru adalah saat membentuk roti berbentuk kelinci. Gara-gara pas browsing soal alat-alat bento (untuk diupload di FP) eeeh ga sengaja kebawa ke salah satu web LN yang postingannya tentang roti kelinci ini. Pas masih adonan sih, enak bentuknya dan dah dilihat-lihat lumayan mirip. Tapi kenapa setelah mateng, kok kayaknya jauh banget ya? Haha.. Trus biar agak hidup, saya foto lah si roti di atas rumput sintetis, eit tapi bawahnya sudah dialasin cupcase biar ga kotor.

roti unyil kelinci

Kalau roti beruang, pernah lihat di salah satu FP milik orang luar juga. Penasaran pengen bikin. Dulu dah pernah nyoba, tapi berhubung tingkat imajinasi saya kurang wokeh, jadi ga mirip beruang sama sekali, haha.. Karena saya lupa ngasih hidung dan tangan. Untuk kali ini, Alhamdulillah dah rada mendingan bentuknya, kayak gini nih:
roti beruang

Oya, kali ini saya cuma pake isian 3 macem saja: coklat, keju parut dan selai nanas homemade. Untuk isian coklat, biasanya saya cuma pake meises, tapi kemarin saya coba pake resepnya mba Endang JTT:
saya cuma bikin setengah resep
* 10 gram coklat bubuk
* 15 gram susu bubuk
* 50 gram gula bubuk
* 1/4 sendok teh vanila bubuk
* 50 gram margarine
campur semuanya dan aduk sampai rata

Alhamdulillah memuaskan hasilnya. Apalagi adonan yang ini saya uleni lebih lama dari biasanya. Jadi pas sudah matang, benar-benar empuuuuk dan lembuuut rotinya ^_^

No comments:

Post a Comment