Monday, February 3, 2014

Banana Cake, Si Legit yang Menggoda

Cemilan yang satu ini sekarang lagi jadi primadona orang serumah. Raasanya legiiiit dan harum pisangnya bener-bener menggoda untuk ditowel dan diicip. Tapi sekali icip, susaaaah untuk berhenti *lebay detected. Yang bikin juga seneng-seneng aja, secara proses bikinnya termasuk simpel, ga perlu make mikser, ga perlu tenaga banyak untuk ngulenin kayak kalo bikin adonan roti, dan ga perlu perkakas banyak utk misahin si kuning + putelnya. Jadi bener-bener cuma cemplang-cemplung, aduk pake spatula atau sendok (centong) kayu atau wisk, jadi deeh. Cuma untuk ngehalusin si pisangnya, saya kudu pake blender, secara pas pertama coba bikin, ngehalusin pake sendok ternyata lama euy, dah gitu hasilnya masih bergerindil.

Resep ini saya dapetin dari grup Dapur Aisyah di FB. Pemiliknya adalah salah satu admin di grup tersebut. Saya memang sengaja cari resep kue pisang yang simpel dan bahan-bahannya ga terlalu susah jenisnya. Jadi bisa dicari di warung kelontong deket rumah atau paling banter lari sebentar ke minimarket *ga beneran lari sih, tapi ngebonceng motor, hehe..

Banana Cake
by Ariesta Mikdar Gunawan

Bahan:
400 - 500 gram pisang ambon tua (saya pakai 400gr)
150 gram gula palem (saya cukup 135 gram biar ga terlalu manis)
1/4 sdt garam halus
1 sdt kayu manis bubuk (saya ganti vanili bubuk)
1 butir telur
1/2 sdt soda kue
150 gram tepung terigu
75 ml minyak goreng

Cara Membuat:
- Haluskan pisang ambon dengan menggunakan sendok/garpu
- Aduk gula palem + pisang ambon + garam halus + vanili dgn wisker (boleh pake sendok kayu) sampai tercampur rata.
- Masukkan telur, aduk lagi sampai rata dan lembut.
- Tambahkan tepung terigu dan soda kue , aduk lagi hingga tercampur rata
- Terakhir masukkan minyak goreng sampai tercampur rata dan lembut.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Boleh di beri topping keju parut atau coklat chip. Atau tanpa topping juga bisa.
- Oven dengan suhu 180'C kurang lebih 45 menit atau sampai matang


banana cake

Buat yang ga punya oven listrik kayak saya, pake otang bisa banget lhoo.. Tapi saya ga berani manggang sampe 45 menit. Paling lama 25 menitan dah saya tengokin (soalnya nih otang ga ada termometernya, jadi cuma pake ilmu kira-kira aja untuk suhunya), trus saya lakukan tes tusuk. Berdasarkan ujicoba beberapa kali, waktu yang dibutuhin dengan settingan api sedang + otang, kurleb cukup 30 menit aja. Oya, untuk gulanya, memang lebih top kalo make gula palem. Bukan berarti gulpas atau gulmer ga bisa ya, cuma hasil akhirnya cake yang menggunakan gula palem lebih kaya rasa.

Untuk mereka yang alergi gluten atau ingin meminimalisir konsumsi gluten, komposisi terigunya bisa diganti dengan tepung gluten free racikan sendiri. Caranya dengan mencampurkan tepung beras + tepung tapioka + tepung maizena dengan perbandingan 7:2:1. Secara rasa, hampir mirip dengan terigu, hanya saja cake yang terbentuk jadi lebih beremah (kayak mrupul gitu).

No comments:

Post a Comment