Friday, February 7, 2014

Karipap aka Curry Puff

karipap pusing

Nyimpen resep ini dah lamaaaaa banget, sebelum booming di beberapa grup masak-masak di FB. Awalnya karena ada salah satu member yang posting cemilan satu ini. Dilihat-lihat, kok bentuknya unik ya? Ada lapisan-lapisannya di tengah, ga kebayang gimana bikinnya, pasti njelimet bin pusing. Perburuan step by step pun dimulai, baik itu hanya lihat foto-fotonya di blog maupun video tutorial di youtube. Kesimpulan saat itu, ah kayaknya ga ribet-ribet amat, cuma gulung, pipihin, gulung lagi, pipihin lagi, potong-potong, trus pipihin yang terakhir kali, kasih adonan isi, dibentuk trus goreng. Hmm.. Bisa lah kalo "cuma begitu doang" mah.

Dari sekian list bahan yang dibutuhin, cuma satu yang belum punya, yaitu mentega putih alias shortening. Yak, waktunya ngedate sama pegawai TBK langganan. Sekalian nambahin stok bahan-bahan lain yang dah mulai menipis. Setelah bahan lengkap, blog tutorial juga dah dibookmark, waktunya eksekusi. Tapiiiii ga jalan-jalan soalnya kesalip mulu ma resep lain *dasar emak galau, haha.. Sampai akhirnya foto-foto karipap pun banyak berseliweran muncul di wall FB maupun di grup masak. Aaah hayuk lah kita eksekusi.

Resep yang saya pakai adalah resep versi mba Isna, meski sebenarnya ada resep lain yang bahan-bahannya terlihat lebih simpel (hanya pakai margarin dan minyak goreng, tanpa shortening). Tapi karena dah kadung beli bahannya, sayang kalo ga dipake. Oya, di blog mba Isna juga ada step by stepnya lho, jadi jelas deh kalo buat pemula kayak saya.

KARIPAP PUSING
saya hanya buat 1/5 resep, tapi jadinya lumayan banyak, karena potongannya kecil-kecil.

Bahan A :
100gr Mentega putih
50gr Margarin
300gr Tepung terigu
Bahan B :
700gr Tepung terigu
1sdt Garam
50gr Margarin
350cc Air
Bahan isian :
-bawang putih dan bawang bombay, cincang
-kentang dan wortel yang dipotong dadu kecil
-telur rebus
Tumis semua bahan (kecuali telur rebus) sampai matang. Tambahkan garam, gula dan merica secukupnya.

Cara membuat :
1. Campur bahan A, uleni hingga kalis, bulatkan. Letakkan diwadah tertutup, sisihkan.
2. Campur bahan B, uleni hingga kalis, bulatkan. Diamkan kurang lebih 15 menit.
3. Bagi adonan A dan adonan B menjadi 4 bagian, bulatkan. Tipiskan adonan B.
4. Letakan adonan A di tengah adonan B. Lipat adonan B hingga menutupi adonan A.
5. Bulatkan, lalu tipiskan adonan.
6. Gulung adonan.
7. Tipiskan adonan lagi.
8. Gulung lagi adonan, lakukan sampai semua adonan A dan adonan B habis.
9. Potong adonan yang sudah digulung sepanjang kurleb 1-1,5cm atau sesuai ukuran yang diinginkan.
10. Tipiskan adonan beri isian kemudian rapatkan pinggirnya dengan cara di pilin/dicubit.
11. Goreng karipap dengan api sedang hingga matang.

Daaan hasilnya pun kacau-balau, haha.. Gara-garanya adonan isi belum saya siapin samsek. Baru grabak-grubuk dibikin pas adonan karipap dah dipotong-potong. Jadi karena terlalu lama didiamkan di suhu ruang, sisi pinggir karipap jadi terlalu kering dan ketika dipipihkan ada yang terkelupas. Ini juga yang bikin proses memilin pinggiran karipap jadi lebih susah, karena adonannya ga lentur dan susah untuk disatukan (kebetulan juga ga pake putih telur untuk merekatkan sisi pinggirnya). Hikmahnya, lain kali bikin adonan isinya kudu di awal, jadi begitu karipap selesai dipotong-potong, bisa langsung dipipihkan, kasih adonan isi trus lanjut goreng.

Kekacauan berikutnya karena saya belum pernah sekalipun bikin pastel, jadi ga tau musti gimana caranya memilin pinggiran khas pastel. Udah lihat videonya, tetap aja ga secantik yang ada di video, haha.. Next time kalo misal mau bikin lagi, kayaknya kudu punya cetakan pastel nih. Soal rasa, renyaaaaah banget, meski ga pake telur sama sekali. Tapi sayang, bagian kulitnya agak hambar, kayaknya ngasih garemnya terlalu sedikit. Overall, secara penampilan, not too bad kan buat pemula? *muji diri sendiri, hihi..

karipap, curry puff

No comments:

Post a Comment