Tuesday, February 4, 2014

Nastar Keju Ny. Liem

nastar keju ny. liem, nastar keju


Lagi diterpa badai kemalasan *lebaaay*, karena sama sekali ga bikin cemilan apapun selama hampir seminggu. Ditambah lagi di rumah lagi ada banyak cemilan, sisa pengajian ibu-ibu. Jadi ceritanya ibu kebagian arisan di rumah. Bikin lah beberapa cemilan. Ternyata beberapa saat menjelang pengajian dimulai, tetangga kirim-kirim aneka cemilan lainnya. Dan cemilan-cemilan itu ga habis dimakan + dibagikan pas pengajian berlangsung, jadinya masih nyisa buanyak. Kulkas penuuuh dengan berbagai macam cemilan, mulai dari tahu goreng, puding, risol, brokus ketan item, lapis surabaya dan buah melon. Lihat isi kulkas aja dah kenyang duluan, hihihi..

Menjelang wiken, stok cemilan dah berkurang banyak. Waktunya nguprek di dapur. Kebetulan lagi pengen banget bikin Nastar Kejunya Ny. Liem hasil blogwalking ke blognya mba Nina. Intip-intip bahannya, semua ada, cuma kurang keju parmesan aja. Ah ga papa lah, toh di rumah ini jarang yang suka keju, jadi pake cheddar aja kayaknya cukup. Resep di bawah ini hanya setengah dari resep aslinya ya, biar cepet selesai bikinnya, hehe...

NASTAR KEJU ALA NY. LIEM

Bahan A:
50 gr butter
25 gr margarin
30 gr gula halus
1 butir telur

Bahan B:
75 gr keju cheddar parut

Bahan C:
12,5 gr susu bubuk full cream
150 gr tepung terigu protein sedang

Bahan D:
1 kuning telur kocok lepas + tambahkan sedikit madu
keju cheddar parut memanjang secukupnya

Isian:
Saya pakai selai nanas kemasan

Cara Membuat :
- Campur dan kocok butter, margarin dan gula halus hingga rata dan mengembang, masukkan telur, kocok sampai tercampur rata saja. Lalu masukkan bahan B dan bahan C, kocok lagi sebentar (pakai speed paling rendah, atau bisa juga pake sendok kayu)
- Bulatkan adonan, beri isian selai nanas. Tata di loyang yang telah dioles minyak goreng. Lakukan hingga adonan habis
- Oles dengan campuran kuning telur dan madu, lalu taburi keju cheddar parut.
- Oven hingga matang kecoklatan.

Sedikit insiden terjadi. Karena saya ga punya stok nanas dan memang malas bikin selai sendiri, jadi lah saya pake selai nanas kemasan. Ternyata ketika masuk panggangan, selai ini leleh dan memaksa keluar dari adonan nastarnya, karena memang ada beberapa yang penutupan adonannya kurang sempurna, jadi ada sedikit lubang yang terbentuk yang akhirnya bikin si selai ini meleber keluar. Dan nastar pun lengkeeet di loyang, sehingga butuh bantuan pisau untuk melepaskan adonan matangnya.

Proses pengapian juga berjalan kurang smooth. Karena salah setting, jadi adonan yang pertama kali masuk oven hasilnya kurang crunchy. Lapisan bawahnya sudah kecoklatan, padahal sisi atasnya masih sangat empuk. Kesulitan berikutnya, entah kenapa keju cheddar yang dijadikan taburan warnanya tetap putih kekuningan, ga bisa berubah coklat. Tapi soal rasa, enyaaaak.. Pas sama lidah saya dan daffa, manis + gurih kejunya berasa. Kayaknya musti banyak latihan bikin nastar nih, biar next time hasilnya bisa lebih cakep *masih penasaran sama nastar homemade (bukan buatan pabrikan) yang sering berseliweran di neswfeed FB saat musim puasa, kok bulatannya bisa bulat sempurna dan warnanya juga cakep menggoda mata.

nastar keju lagi

No comments:

Post a Comment