Monday, February 3, 2014

Widaran Keju (Telur Gabus)

Edisi lagi bosen sama kue-kue basah, jadi pengen yang kriuk-kriuh gurih. Mikir-mikir, apaan ya? Eh eh, kayaknya pernah nyimpen resep widaran keju deh. Ubek-ubek file di laptop dan voilaaaa.. ketemuuuuu.. Liat bahan-bahannya cuma kurang tepung sagu, ah gampang lah bisa dibeli di warung deket rumah. Setelah lengkap, langsung eksekusi deh.

Awalan cuma bikin setengah resep, soalnya lagi males berdiri lama-lama di depan kompor. Maklum bo', bikin kuker yang satu ini emang butuh luamaaa.. Soalnya kudu dipilin kecil-kecil trus dicemplungin ke minyak dingin baru digoreng. Kalo dah mateng, si minyak kudu didinginin lagi, jadi ga pernah bisa cepet deh. Singkat cerita, Alhamdulillah akhirnya selesai juga, saya pake dua wajan biar lebih cepet prosesnya. Naaah ternyataaa setelah mateng, juragan cilik dan ayahnya ga bisa berenti cemal-cemil nih widaran. Apalagi daffa, sambil duduk santai liat video kereta di yutub, sambil tangannya ga berenti-berenti ngambilin widaran dari toples yg ditaruh di sampingnya. Soalnya rasanya beneran gurih sih, kejunya juga berasa dan renyah sampe ke dalem.

Daaaan.. emaknya pun cuma kebagian sedikit, huwaaaa... Gimana inih? Emaknya yang kepengen ngemil, kenapa anaknya yang ngabisin ya? *nasib emak-emak. Jadi lah akhirnya ba'da maghrib, saya turun lagi ke dapur, bikin setengah adonan lagi. Kali ini berharap, ada yang bisa disimpen buat stok cemilan di toko. Tapi lagi-lagi si emak kecele, karena nasib si widaran pun berakhir sama, ludes tak bersisa oleh daffa *eh sempet misahin ding sedikit buat kepentingan foto-foto, hihi..

widaran keju, telur gabus

Yang penasaran ma resepnya dan pengen nyoba bikin juga, ini dia:

Widaran Keju
Sumber: budiboga

Bahan:
250 g tepung kanji/sagu tani
2 butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu
50 ml air/ santan cair/susu tawar cair
100 g keju cheddar/edam, parut halus (asli 40 gram)
1/4 sdt garam halus
minyak untuk menggoreng.
Cara Membuat:
1. Campur tepung kanji, keju parut dan garam. Aduk rata.
2. Masukan telur dan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung.
3. Ambil sejumput adonan, bentuk menggunakan kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di dalam wajan berisi minyak dingin.
4. Panaskan minyak berisi adonan yang sudah dibentuk. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Simpan dalam stoples/wadah kedap udara.
Untuk 300 gram

TIPS :
Jangan pernah menggoreng kue ini langsung ke dalam minyak panas. Kue akan meletus dan bentuknya menjadi tidak bagus. Goreng dalam minyak dingin. Untuk variasi rasa, kue widaran keju bisa di besta/dilapisi dengan gula pasir yang di panaskan hingga mengentak/semrambut 


Oya, sedikit tambahan tips dari saya: gunakan api sedang cenderung kecil untuk menggoreng widaran, biar hasil akhirnya renyah sampai ke dalam dan warna luarnya tetap kuning kecoklatan. Pas awal-awal ngegoreng, saya pede aja pake api gede, akibatnya ada widaran yang warnanya sampe coklaaat banget, hampir gosyong, demi ngedapetin renyah dalemnya itu lho, hihi..

No comments:

Post a Comment