Friday, February 7, 2014

Martabak Manis ala Teflon

martabak manis

Sebenarnya masih ada stok beberapa potong super fudgy brownies, tapi karena juragan cilik ga doyan -entah karena rasa coklatnya yang terlalu pekat atau karena penggunaan gula pasirnya saya ganti dengan gula palem jadi mungkin rasanya ga biasa- jadi lah pagi-pagi abis nyetrika nguplek dulu di dapur bikinin cemilan. Soalnya kebetulan stok cemilan juga dah abis, sementara si juragan ini seneng banget ngemil, mau lari ke minimarket kok ya males? Yo wis, bikin sesuatu aja lah, toh stok bahan mentahnya kayaknya lumayan lengkap.

Pikir-pikir kira-kira dia mau apa ya? Cake kayaknya coret deh, emaknya masih rada trauma sama "tragedi" cake kukus yang lagi-lagi ga ngembang sempurna, padahal itu kali ke-2 trial resepnya. Cookies? Kelamaan euy panggang-panggangnya, males juga ngeluarin si otang. Goreng-goreng? Cemilan goreng yang dia suka sejauh ini cuma tape, pisang, sama tempe *eh tempe mah bukan cemilan ya? hihi.. Ahaaa.. Keinget kalau dia kemarenan sempet minta dibikinin martabak. Kenapa ga itu aja ya? Bikinnya cepet, ga perlu pake otang dan ga butuh banyak minyak goreng (paling cuma 1 sdm buat oles-oles loyangnya aja). Tapi sebelum eksekusi, ga lupa tanya dulu ke anaknya, siapa tau dia lagi ga mood makan cemilan ini, kan sayang-sayang nanti kerja keras emaknya, hehe..

Pertama kali nyoba resep ini, sempet over estimate untuk masalah penampakannya. Maksudnya, awalnya saya mikir kalau penampakannya bakalan 11-12 ma bikinan abang-abang pinggir jalan. Tapi oh tapi, saya salah. Meski tetap berserat, tapi penampakannya belum bisa secantik tukang martabak itu. Kalau kata temen-temen sih, kemungkinan karena pengaruh cetakannya. Secara saya cuma pake teflon biasa, sedangkan tukang martabak emang pake cetakan khusus martabak yang terbuat dari logam tebal, jadi serat yang terbentuk bisa bagus. Tapi kalau soal rasa, uenaaaaak... Ga kalah dari yang di luaran, suwer deh. Malah menurut saya lebih pas di lidah, soalnya kadar manisnya bisa diatur sendiri *pengalaman beberapa kali beli di luaran, manisnya bikin gigi ngilu euy, padahal dah rikues khusus jangan terlalu manis, tapi tetep sajah manisnya berlipat-lipat, huhu.. Selain itu kita juga bisa berkreasi dengan adonan toppingnya.

Resep saya dapet di grup Dapur Aisyah FB

Martabak Kilat
By : Siti-RWiyoto La Buna Salatiga


Bahan I
250 gr terigu protein sedang
50 gr gula pasir
400 ml air
1/4 sdt ragi instant
1 butir telur

Bahan II
1/2 sdt garam
75 gr butter/margarin (cairkan)
1/4 sdt soda kue

Bahan III
Gula pasir
SKM
Keju
Meses dll

Caranya :
Aduk rata Bahan I, diamkan 30 mnt
Tambahkan Bahan II, sesaat sebelum dimasak, aduk rata
Tuang adonan dalam cetakan yg sudah dipanaskan dengan api kecil 15 menit sebelumnya
Biarkan hingga kue berlubang sempurna
Taburkan gula pasir, tutup hingga matang/gula mencair
Angkat, beri topping sesuai selera


Simpel kan? 1 resep ini jadinya sekitar 3pcs untuk ukuran teflon diameter 23cm (kalau ga salah inget). Tipsnya, pastikan cetakan sudah benar-benar panas sebelum menuangkan adonan untuk pertama kali. Dan kalau saya, untuk adonan pertama, biasanya teflon saya oles minyak goreng dulu tipis-tipis aja. Untuk adonan selanjutnya ga usah lagi. Dan gunakan api keciiiiil sepanjang proses pemasakan, biar lapisan bawahnya ga gosong dan lapisan atasnya berlubang sempurna. Oya, tadi saya iseng-iseng menakar butter cair ke gelas takar, ternyata hasilnya sekitar 80ml. Jadi buat yang mau substitusi butter/margarin cair ke minyak goreng, bisa gunakan minyak goreng sebanyak 75-80ml. Tapi saya belum tau substitusi ini bakal merubah rasa atau ga. Mustinya sih ga ya, secara yang dipakai kan sama-sama minyak cairnya, paling-paling ukuran garamnya aja yang ditambah, mungkin jadi sekitar 3/4 sdt.

martabak

No comments:

Post a Comment