Friday, February 7, 2014

Fancy Roll Cake versi Kukus

Setelah sekian lama menyimpan rasa penasaran ma Fancy Roll Cake tapi versi kukus, akhirnya semalam memberanikan diri untuk mencoba. Sempet galau gara-gara ukuran loyang. Di resep asli tertulis loyang 24, punya sih tapi kalau nyoba 1 resep full khawatir gagal kayak Fancy Roll Cake oven, sayang-sayang nantinya *yaaa meskipun tetap dimakan sih.. Tak ingin berlama-lama galau, akhirnya saya putusin bikin 1/3 resep dengan loyang 22, kenapa? Karena saya masih punya simpenan kertas roti yang dah dilukis motif, jadi ga perlu lukis-lukis lagi *eh jiplak ding, hihi.. 

Untuk adonan warna, saya ambil langsung dari adonan dasar. Jadi ga dibuat terpisah, lagi-lagi atas alasan kepraktisan (baca: malas) dan juga pengiritan, haha.. Sambil dag dig dug, soalnya advice dari pemilik resepnya, untuk adonan warna sebaiknya dipisah, mengingat proses memberi outline - kukus - mewarnai - kukus butuh waktu yang lumayan (sekitar 6-8 menit), dikhawatirkan adonan dasarnya akan cair atau malah padat. Tapi, ga akan tau hasilnya kalo ga dicoba kan? Kalo pun gagal, anggap aja cost of learning. 

roll cake kukus, fancy roll cake kukus

FANCY ROLL KUKUS
Ala Niena-Mamaevan

Bahan warna :
2 btr telur utuh
65 gr gula pasir (pilih yang butirannya halus)
65 gr terigu protein rendah
¼ sdt sp
1 sdm minyak goreng
Pewarna makanan

Bahan cake dasar:
6 btr telur utuh (bisa diganti dengan 8 kuning telur dan 4 putih telur)
200 gr gula pasir (halus butirannya)
200 gr terigu protein rendah
100ml minyak (bisa dicampur butter cair 50:50)
1 sdt sp, vanili /lemon/ strawberry essen + 1 sdm susu kental manis putih
¼ sdt garam
1/2 sdt BP

bahan isi:
butter cream / selai sesuai selera

Cara membuat:
1. adonan warna: kocok telur dan gula hingga larut, masukan sp, kocok hingga kental, setelah itu masukan tepung terigu , aduk pelan dengan spatula , lalu tuangi minyak, aduk rata.
2. bagi adonan menjadi beberapa warna, ambil sedikit adonan untuk outline (hitam/ coklat tua) masukkan ke piping bag
3. siapkan kertas roti yang telah digambar pola menggunakan pencil, tempelkan terbalik diatas Loyang yang sudah dioles tipis dengan minyak/ mentega putih
4. buat outline dengan menebalkan pola garis dengan adonan warna hitam/ coklat tua, kukus kurang lebih 3-4 menit asal set dan adonan tidak basah, angkat.
5. setelah loyang agak dingin tuangi warna sesuai dengan gambar, setelah semua tertutup warna, kukus lagi selama 4 menit (matang) sisihkan.
6. buat adonan dasar dengan metode yang sama
7. tuang ke dalam loyang 24 cm



Setelah seluruh adonan masuk loyang, saat-saat mendebarkan berikutnya adalah saat melepas kertas roti dari adonan. Soalnya di versi oven, dari 6x bikin, hampir semuanya lengkeeeet ke kertas roti. Jadi meski adonan warnanya sudah dibuat tebal, tetap saja hanya sedikit yang tersisa karena yang lainnya ikut terbuang bersama kertas roti *sayang banget ya?. Dan taraaaaa... Apa yang saya khawatirkan ga kejadian euy. Surprise banget, karena cuma sebagian keciiiiiil aja yang nempel, malah ada yang bersih sih tanpa tempelan adonan. Yeaaayy... Seneeeeeeng banget.. Lanjut ke proses menggulung *yang bagi sebagian orang, ini juga jadi momok, karena banyak yang roll cake-nya patah saat penggulungan. Ternyata sedikit lebih susah ketimbang versi ovennya *menurut saya pribadi ya* mungkin karena adonannya lebih padat, jadi butuh usaha ekstra untuk menggulung dan memadatkan gulungannya. Dan hasilnya, gulungannya ga sepadat yang versi oven, tapi mungkin karena ini kali pertama menggulung-gulung roll cake kukus. Mudah-mudahan next time bisa lebih bagus lagi hasilnya.

Secara rasa, enyaaaak dan lembuuut juga. Meski ga seringan dan selembut FRC oven, tapi saya suka rasanya. Dan mengingat proses melukisnya (sepertinya) lebih mudah yang versi kukus, jadi untuk pemula seperti saya, teknik yang ini lebih enak untuk dipraktekkan. Ada yang mau coba juga?

3 comments:

  1. mau nanya sp itu apa? trus kertas rotinya dilapisi minyak jg ga?

    ReplyDelete
  2. untuk resep diatas jadi berapa loyang mbak? kukusan/dandangnya ukuran berapa ya? tks

    ReplyDelete
  3. Great Information sharing .. I am very happy to read this article .. thanks for giving us go through info.Fantastic nice. I appreciate this post. bakersfield cakes

    ReplyDelete