Friday, February 7, 2014

Bolu Kukus Fancy

bolu kukus fancy

Setelah kemarin tertantang dengan fancy roll cake, hari ini saya merasa tertantang dengan bolkus fancy alias bolu kukus karakter. Ga jauh-jauh dari acara melukis-lukis kue ya, hihi.. Soalnya lagi euforia karena punya piping bag nih, maklum seumur-umur baru kali ini pegang langsung barangnya, haha.. Jadi lah saya bener-bener mantengin resep dan cara pembuatan bolkus fancy berikut tips seputar permasalahan yang biasa timbul ketika membuat cake satu ini.

Resep lagi-lagi saya dapatkan dari grup BKR di FB. Sebenarnya ada beberapa resep yang didokumentasikan disana, cuma berhubung pemilik resep ini cukup aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari member, jadi saya pilih resep beliau. Sempat bingung mau bikin karakter apa. Awalnya sih kepengen coba karakter Angry Bird, tapi terkendala sama pewarna kuning. Stok pewarna yang saya punya hanya hitam, biru, merah dan hijau. Kayaknya ga lucu kalau warnanya saya ganti sesuka hati, nanti ga sesuai pattern-nya, hehe.. Jadi saya pilih lah karakter doraemon.

Resep Apam Strawberry atau Bolkus Fancy
by Benecdita Nanik

semua bahan dicampur:
140gr tepung terigu,
110gr gula pasir,
75ml susu dingin,
2 btr telur (jangan dingin),
1/2 sdt vanili,
1 sdt BP,
1 sdt emulsifier.
Kocok semua bahan dengan speed rendah selama 6 menit. Hasilnya akan sangat kental sekali seperti adonan bolkus, adonan mengkilap. Kukus selama 12-15 menit ditutup dengan serbet atau kain, jangan dibuka2 ya. Kukus dengan api kecil yang sudah mendidih dan menghasilkan banyak uap.

Tips untuk dapet hasil yang nge-dome banget:
* Api dinyalakan kalo kita gambarnya kurang 3 or 4 cup. Pertama nyalakan pakai api besar trus begitu adonan masuk dalam dandang & ditutup baru kita kecilkan apinya (tergantung kompornya seberapa kecil) setelah itu kukus 12 menit (pakai resep apam straeberry). Setelah 12 menit buka tutupnya tapi api jangan dimatikan tapi dibesarkan lagi selama 5 menit denga tutup agak terbuka (jadi jangan full dibukanya). Dijamin hasilnya ng-dome tingkat dewa.
* Untuk mengisi adonan dalam cup sebaiknya full sampe papercupnya untuk menghasikan hasil yg nge-dome
* Sebenernya tekstur bolkus itu lembut. Kalau sampe padat itu dikarenakan bolkus yg matang dibiarkan terlalu lama di suhu ruangan.jd sebaiknya bolkus yg sdh dingin itu dimasukan dibdlm wadah yg kedap udara. Dan bila dimasukan dlm kulkas bisa tahan 7 hari & kalau mau dimakan tinggal dikukus or dimasukan dlm magicom, tidak akan merubah bentuk or rasa.


Alhamdulillah percobaan pertama hasilnya lumayan. Suwer, deg-degan banget pas nungguin adonannya dikukus, takut kalau-kalau hasilnya pada mekar semua (soalnya ada beberapa member di grup yang curhat, kalau adonan bolkusnya malah mekar sempurna). Tapi begitu tutup dandang dibuka -setelah adonan dikukus 12 menit- untuk dibesarkan apinya, sempet ngintip dan hwaaaa... berhasil mingkeeem tuh bolkus, yippieeee.. Cuma ya gitu, hasil akhir lukisannya masih menyan-menyon ga karuan, haha.. Soalnya ngelukisnya langsung di adonan euy, ga bisa pake jiplak pola kayak pas bikin FRC.

No comments:

Post a Comment