Monday, February 3, 2014

Bolu Kukus Gula Merah

Pertama kali berkenalan ama resep ini pas hamil daffa, jadi sekitar 4 tahunan yang lalu *lama juga yaaa.. Hasil uji cobanya waktu itu bantet. Kalo ga salah inget, gara-gara salah satu bahan tambahan makanannya itu udah tinggal dikiiiit stoknya, jadi ga sesuai sama yang disebutin di resep, tapi tetap nekat dilanjutin. Walhasil, sama sekali ga bagus hasilnya, kalo rasanya sih enak. Untungnya nasibnya ga berakhir tragis, masih ada yang mau nerima pas dikasih nih cemilan.

Karena masih penasaran, coba bikin lagi, kali ini dengan stok bahan tambahan makanan baru tentunya. Alhamdulillah berhasiiiilll *senyum-senyum kesenengan* si bolkus berhasil ketawa ngakak. Eeeh pas ada tetangga yang ngadain pengajian, saya didaulat ibu untuk bikin nih bolkus sebanyak 2 resep. Langsung kebayang, musti begadangan nih bikinnya, soalnya kudu nunggu daffa bayi pules dulu baru bisa uprek-uprek dengan bebas di dapur.

Beberapa tahun berlalu, penyakit males baking-nya kumat. Sampe-sampe semua bahan-bahan kue di rumah dah expired, saking lamanya ga kesentuh, haha.. Untungnya ada semacam bisikan positif untuk saya gabung di grup masak-memasak di FB, jadi lah ketularan pengen nge-baking lagi. Dan karena masih amatiran banget, saya cuma berani nyoba-nyoba yang resep dan cara bikinnya simpel *soalnya kalo gagal, bisa-bisa males bakingnya kumat lagi, hehe..

Pilihan pun jatuh ke bolkus ini: bahannya gampang didapet dan bikinnya juga ga perlu neko-neko. Bismillah, eksekusi pun dimulai. Karena pengen cepet selesai, saya sampe ngeluarin si dandang kukus ukuran jumbo. Soalnya kalo pake dandang kukusan biasa, kueciiil bo' bisa-bisa harus 2-3 kali naik kukusan baru selesai bakingnya. Daaan ini dia hasilnya, not too bad lah ya? *biarin dah muji diri sendiri, hihihi..

bolu kukus gula merah

Bolkus Gulmer 
by Vivi Liong:
Bahan:
- 2 butir telur
- 100 gr gula pasir
- 1 sdt soda kue
- 1/2 sdt baking powder
- 400 gr gula merah, rebus dengan 400 ml air hingga gula larut, angkat dan saring
- 500 gr tepung terigu protein sedang
- 250 ml minyak
Isi: 5 buah nangka, potong dadu kecil

Cara Membuat:
1. Kocok telur bersama gula pasir, soda kue dan baking powder hingga lembut dan mengembang.
2. Masukkan satu persatu, sirup gula merah, lalu tepung terigu dan minyak goreng, sambil diaduk hingga adonan tercampur rata. Hasil akhir adonan akan sangat kental sekali dan liat. Pengadukan terakhir bisa pakai whisk atau tangan.
3. Tuang sedikit adonan dalam cup kertas yang telah dialasi cetakan bolu kukus, lalu tambahkan nangka dan tuang kembali sisa adonan hingga agak penuh.
4. Kukus dalam kukusan yg telah bergolak airnya, kukus selama 25 – 30 menit hingga kue merekah dan matang, angkat. (selama pengkukusan, jangan dibuka-buka).
5. Sajikan.

Tips: untuk semua kue yang dikukus dengan dandang biasa, jangan lupa alasi tutup kukusan dengan kain/serbet bersih, biar tetesan airnya ga jatuh ke kue, soalnya nanti bagian atas kue bakalan jelek, atau malah bisa bantet. Terus, untuk air kukusannya, jangan terlalu penuh sehingga menyentuh bagian bawah cetakan bolkus, soalnya ini juga bisa bikin tampilan bawah kue jadi jelek (jadi ciut gitu).

Oya, warna gula merah sangat berpengaruh ke warna bolkusnya. Di foto ini gulmer yang saya pake emang warnanya coklat muda. Kalo warnanya lebih gelap lagi, warna bolkusnya bisa lebih cantik.

No comments:

Post a Comment